Wednesday, 2 March 2016

REZEKI MENAWAN BISNIS PARTISI PAMERAN

Posted by Stand pameran7 On 23:10 | No comments
Banyaknya penyelenggaraan event pameran ternyata membuka peluang bisnis penyewaan partisi. Perlengkapan ini berfungsi sebagai penyekat tempat stan antara satu peserta dengan peserta lainnya di ajang pameran. Omzet dari bisnis ini cukup menggiurkan. Salah satu pemain di bisnis ini bisa meraih omzet ratusan juta per bulan.

Banyaknya event pameran yang diselenggarakan pemerintah maupun pihak swasta di Tanah Air, rupanya, membuka banyak peluang bisnis baru. Salah satunya adalah bisnis penyewaan partisi untuk pameran.

Terbukanya peluang bisnis ini, tentu saja, lantaran partisi berfungsi sebagai penyekat tempat stan pameran antara satu peserta dengan peserta lainnya yang berdampingan.

Lazimnya event sebuah pameran, pihak penyelenggara yang akan menyediakan partisi sebagai fasilitas bagi para peserta. Biasanya, pengelola acara atau event organizer (EO) yang ditunjuk oleh penyelenggara akan menyewa pihak ketiga untuk menyediakan partisi.

Nah, kesempatan itulah yang dimanfaatkan oleh para pelaku jasa penyewaan partisi untuk meraih pemasukan. Salah satu pelaku bisnis penyewaan jasa partisi pameran adalah Prosewa Production di Jakarta.

 untuk tarif sewa partisi pameran, pihaknya membanderol Rp 45.000 per meter persegi (m²). Standar luas partisi yang sering dipesan sekitar 2 m x 3 m untuk satu peserta. Artinya, biaya sewa untuk luas partisi 2 m x 3 m kira-kira sebesar Rp 270.000 per event.

Dengan biaya sewa sebesar itu, peserta pameran sudah mendapatkan fasilitas papan nama, dua buah kursi, meja, karpet, tong sampah, dan sambungan listrik. Waktu sewa paling lama untuk tujuh hari pameran.

 pihak penyewa akan dikenakai biaya tambahan jika ada kerusakan partisi atau fasilitas lainnya. "Tapi, itu tidak banyak, hanya puluhan ribu, tergantung dari tingkat kerusakannya," katanya.
 biasanya mendapat pesanan sewa partisi dari perusahaan swasta yang akan menggelar pameran peluang kerja atau bazar. "Terkadang pelanggan menyewa partisi untuk acara pameran waralaba," ujarnya.

Tak hanya menyewakan partisi standar, Prosewa juga melayani penyewaan partisi berkonsep spesial. Bentuk partisi jenis ini lebih mewah dari partisi standar. Biasanya partisi ini digunakan untuk pameran ponsel yang butuh tempat displai khusus.

Tentu saja, tarif sewa partisi spesial lebih mahal dari yang standar. Biaya sewanya sekitar Rp 750.000 per m². Tapi, untuk menghemat biaya pelanggan, Prosewa juga menyediakan layanan berupa paket untuk partisi spesial. Mulai dari Rp 15 juta–Rp 25 juta per paket.

Nugroho bilang, awal hingga pertengahan tahun adalah momen yang tepat untuk mengais untung besar dari bisnis penyewaan partisi. Sebab, di waktu-waktu seperti ini, banyak penyelenggaraan pameran.

Nugroho mengklaim, dalam kurun waktu tersebut, biasanya Prosewa bisa mendapat minimal sepuluh rekanan yang menyewa partisi standar per bulan. Rata-rata tiap rekanan memesan sekitar 100 m²– 240 m² partisi. "Omzetnya bisa mencapai Rp 86 juta per bulan," ujar Nugroho.

Omzet sebesar itu belum termasuk penyewaan partisi sistem spesial. Untuk partisi jenis ini, rata-rata Prosewa bisa mendapatkan pesanan lima partisi per bulan. Dari menyewakan partisi spesial, Nugroho minimal bisa mendapat tambahan duit sebesar Rp 75 juta per bulan.

Nugroho tidak sendiri mengail rupiah dari bisnis ini. Pemain lainnya adalah CV Primacipta Bayutama dengan merek dagang ErkonRental.com. Tarif sewa partisi di sini sedikit lebih tinggi, yakni Rp 60.000 per m² per hari.

Kendati tarifnya tergolong mahal, namun menurut Teddy Hidayat, Direktur ErkonRental.com, pihaknya tak kesulitan mendapatkan pelanggan. Bahkan, kata dia, pihaknya kerap kebanjiran pesanan sewa partisi ketika menjelang hari raya besar, seperti Lebaran. "Permintaan menjelang Lebaran bisa naik sampai 200%," katanya.

Dalam sebulan rata-rata ErkonRental.com melayani permintaan sewa partisi hingga 200 m². Sebagian besar permintaan datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Teddy mengaku, dalam sebulan, rata-rata omzet yang mampu dipetik ErkonRental dari sewa partisi mencapai Rp 15 juta-Rp 20 juta. "Itu baru dari sewa partisi, belum sewa peralatan pendukung lainnya, seperti genset, soundsystem, atau tenda yang bisa mencapai Rp 200 juta per bulan," katanya.

0 comments:

Post a Comment

GOOGLE ADS

Histats